Istilah Umum Pada VGA Card

Thursday, February 26, 2009

3D clipping
Sebuah proses didalam transformasi geometrik pada area tertentu yang tidak tampak atau sebagian dari objek 3D yang dihilangkan.

3Dnow!
Perintah tambahan yang digunakan oleh AMD pada prosesor K6-2, K6-3 dan prosesor K7. 21 perintah tambahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan operasi floating-point yang sangat penting untuk game-game 3 dimensi.

3D pipeline
Jumlah seluruh langkah-langkah yang diperlukan untuk menampilkan sebuah skenario 3D buatan pada monitor. Termasuk dalam 3D pipeline adalah tessellation, transformasi geometrik dan rendering.

Aliasing
Efek tangga yang terkenal. Pada gambar yang diperbesar, seringkali terlihat sebuah garis bergerigi yang membentuk seperti tangga. Garis yang kasar ini bisa dihaluskan dengan anti-aliasing.

Alpha blending
Informasi tambahan per pixel untuk membuat materi atau gambar transparan.

Anisotropic filtering
Ini adalah gabungan dari bilinear filtering dan MIP mapping. Tidak seperti trilinear filtering, objek geometri juga diperhitungkan misalnya untuk meningkatkan kejelasan sebuah teks atau gambar.

Bilinear filtering
Mengkalkulasi rata-rata jumlah warna dalam basis empat pixel yang berdekatan.

Bump mapping
Sebuah tehnik yang menyediakan informasi kedalaman tekstur yang bisa digunakan untuk menampilkan gambar seperti relief atau gambar yang diberi efek emboss.

Clipping
Dalam clipping, bagian yang tidak terlihat dari polygon ditentukan untuk direpresentasikan. Kemudian, bagian ini tidak dimunculkan.

Cube environment mapping
Untuk merepresentasikan refleksi realsitik dan tidak terdistorsi dari sebuah environment ke dalam bentuk objek. Tekstur tersebut menunjukkan environment dari perspektif objek tersebut. Hal ini memberikan gambaran seolah-olah environment tersebut direfleksikan oleh objek.

D/A converter
Digital/Analog converter. Sebuah konverter sinyal yang mengubah input digital menjadi keluaran analog.

DDC
Singkatan dari Display Data Channel. Sebuah channel data khusus dimana monitor yang capable bisa mengirim data teknisnya ke kartu grafis.

Direct color
Sebuah istilah untuk TrueColor, RealColor dan HighColor. Dalam kasus ini, nilai yang disimpan pada video RAM tidak diterjemahkan tetapi dikirim langsung ke konverter D/A. Ini berarti seluruh informasi warna harus disimpan untuk setiap pixel.

Double buffering
Menjelaskan adanya memori tampilan yang digandakan. Double buffering membuat gambar berikutnya dibuat terlebih dahulu pada background yang tidak kelihatan. Segera setelah selesai dibuat, disatu sisi video card mengubah gambar yang telah berada pada background dan pada sisi lain mempersiapkan gambar berikutnya.

DPMS
Singkatan dari Display Power Management System. Hal ini membuat terjadinya beberapa tahap monitor power saving mode.

Frame buffer
Bagian dari memori grafis yang digunakan untuk membuat sebuah gambar yang akan muncul pada monitor. Frame buffer juga digunakan untuk membuat dan mengkalkulasikan efek transparansi.

Front buffer
Mengacu ke area gambar yang bisa ditampilkan pada saat double buffering.

Full-scene anti-aliasing
Menjelaskan sebuah tipe dari anti aliasing yang diaplikasikan terhadap sebuah frame lengkap. Dua proses digunakan pada tipe anti aliasing ini. Super sampling dan accumulated buffers. Pada kasus super sampling, resolusi yang jauh lebih tinggi daripada yang akan ditampilkan, dikalkulasikan dan kemudian akan diturunkan. Dengan proses accumulated buffer, beberapa tampilan dari sebuah gambar akan dilukis menjadi sebuah gambar yang utuh.

Graphic accelerator
Sebuah kartu grafik akselerator dirancang secara khusus untuk digunakan pada lingkungan pengguna yang membutuhkan penggunaan grafik tingkat tinggi.

High color
Menunjukkan bahwa mode tampilan grafik yang digunakan adalah sebesar 15 ataupun 16 bit warna per pixel. (32.768 ataupun 65.536)

Horizontal frequency
Frekuensi garis horizontal dari monitor dalam satuan kilohertz. Nilai ini harus diatur sesuai dengan persyaratan dari monitor untuk mencegah monitor dari kerusakan parah.

Luminance
Informasi warna pada transfer sinyal video.

MIP mapping
Sebuah tehnik texture mapping yang menggunakan beberapa texture map atau MIP map. Setiap MIP map berukuran separuh dari yang pertama, menyediakan beberapa tekstur map untuk beberapa macam level kedalaman. MIP mapping dikombinasikan dengan beberapa tehnik untuk membuat jumlah realisme yang berbeda. MIP mapping biasanya digunakan dengan interpolasi bilinear dan selalu digunakan dengan interpolasi trilinear. MIP adalah singkatan dari "Multum In Parvo" dalam bahasa latin yang berarti "banyak dalam sebuah tempat yang kecil".

Download This Page

Artikel Terkait



0 komentar:

Post a Comment

 
 
 

Link Exchange Code

Powered by FeedBurner

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Photobucket
CopyPaste script
dibawah ini ke blog
sobat. Saya akan
LinkBack kembali.

 
Copyright © Jalan Setapak